SEKILAS INFO
18-06-2021
  • 2 bulan yang lalu / Kuliah Umum Civitas Akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI Almuhammad) Cepu, Bersama Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Agama RI, Prof Dr. KH. Nizar Ali, MAg Besuk Pada Hari Jumat, 9 April 2021, Pukul 12.45 WIB, di Aula Ponpes Almuhammad Cepu, Seluruh Tamu Wajib Mentaati Protokol Kesehatan.
  • 3 bulan yang lalu / Sekitar 309 Mahasiswa STAI Almuhammad, mengikuti pemekalan Kuliah Kerja Nyata di aula kampus setempat. Pembekalan KKN dilaksanakan selama dua hari, yak dari 20 hingga 21 Februari 2021.
  • 3 bulan yang lalu / Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Genap Mahasiswa STAI Almuhammad Cepu akan dilaksanakan darai tanggal 24 Februari hingga 27 Maret 2021. KKN akan dilaksanakan dengan mengacu standar protokol kesehatan.
4
Okt 2020
Sejarah Prodi Perbankan Syariah STAI Almuhammad

 

VISI
STAI AL MUHAMMAD CEPU
      “MENJADI PTKIS UNGGUL DI BIDANG SCIENCE DAN KAJIAN ISLAM  SELARAS
       PERKEMBANGAN PERADABAN TAHUN 2032.”

MISI STAI AL MUHAMMAD CEPU
  • Menghasilkan sumberdaya manusia berkompetensi dibidang iptek, seni dan keagamaan.
  • Mengembangkan research and development yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia kerja.
  • Mendorong masyarakat berakhlakul karimah, berinovasi, dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.
  • Menjadi rujukan para pemangku kepentingan dalam pengelolaan hard skill and soft skill.

 

VISI PRODI PERBANKAN SYARIAH
“TERWUJUDNYA SARJANA PERBANKAN SYARIAH YANG PROFESIONAL DITINGKAT REGIONAL TAHUN 2026”
MISI PRODI PERBANKAN SYARIAH
  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran secara aktif, inovatif, dan kreatif, menyenangkan serta bermutu.
  2. Melakukan kajian ekonomi, khususnya di bidang Perbankan Syariah.
  3. Melaksanakan pengembangan keilmuan melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Meningkatkan jaringan dan mitra kerja dalam bidang Perbankan Syari’ah.
RUMUSAN TUJUAN
  1. Mencetak sarjana Perbankan syariah yang berwawasan keislaman dan kemanusian serta mempunyai sifat kemandirian.
  2. Menghasikan tenaga kerja yang profesional di bidang perbankan syari’ah baik di lembaga pemerintah maupun non pemerintah.
  3. Menghasilkan Ilmuan Ekonomi Syariah yang berkualitas
PROFIL SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL MUHAMMAD CEPU

Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu didirikan dengan Surat Keputusan Nomor : 272/YPPM/A/IX/1997, tanggal 15 Oktober 1997 dan mendapatkan Rekomendasi dari Sekretaris Wilayah / Daerah Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Blora nomor : 451.4/545, tanggal 26 Pebruari 1998, selanjutnya mendapat ijin operasional dari Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Nomor : Kop.Wil.X/PP.00.9/84/98 tanggal 3 Agustus 1998.

Kemudian mendapatkan ijin dari Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : E/252/1999, tanggal 5 Agustus 1999, tentang : Pemberian Status Terdaftar Program Studi Strata Satu (S1) Jurusan Ahwal Al Syakhsiyyah (Syari’ah), kemudian mendapat ijin perpanjangan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : Dj.II/593/2005, tanggal 01 Desember 2005.

Berdasarkan perkembangan yang ada dan banyaknya masyarakat yang menghendaki Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu supaya melebarkan sayap dan tidak hanya terpaku pada satu jurusan, maka dibukalah Program Studi Strata Satu (1) Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah), dan mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : DJ. II/131/2002, tanggal 18 Juni 2002. Selanjutnya mendapatkan ijin perpanjangan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia Nomor : DJ. I/216 C/2007, tanggal 28 Mei 2007.

Berdasarkan deskripsi di atas, maka terbentuklah jatidiri Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu. Eksistensi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu sesuai dengan visi, misi, dan tujuannya memadukan model pendidikan modern dengan pendidikan pesantren. Model pendidikan dimaksud adalah model pendidikan yang sesuai dengan Kurikulum Nasional Pendidikan Tinggi Agama Islam dipadukan dengan Kurikulum Pesantren. Dengan model tersebut Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam berbasis : Diniyah, Ilmiah, Ukhuwah, dan Amaliyah. Dengan jatidiri tersebut maka Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu :

  • Menyiapkan sarjana untuk menjadi pemimpin sekaligus sebagai panutan di masyarakat.
  • Menyiapkan sarjana yang profesional sesuai dengan bidangnya dan berakhlakul karimah serta siap berkompetisi sesuai dengan orientasi dengan disiplin ilmu, ketenagakerjaan, dan global.
  • Menyiapkan sarjana yang mengedepankan pola pikir integral dan komprehensip menuju persatuan dan kesatuan umat.
  • Menjadikan perguruan tinggi sebagai pelopor inovasi pendidikan yang berciri khas pesantren.

Program studi yang ditawarkan STAI Al Muhammad Cepu cukup beragam, yaitu S1 : S1 Pendidikan Agama Islam ( PAI ), S1 Pendidikan Agama Islam ( PAI ), S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ), S1 Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), S1 Al Ahwal Asy Salhsyiah, S1 Perbankan Syariah.

PROFIL PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARI’AH

Program Studi Perbankan Syari’ah berdiri pada tanggal 28 Desember 2011 dengan nomor SK Pembukaan Program Studi : Dj.I/1874/2011 dari Badan Akriditasi Nasional Perguruan Tinggi. Sejak didirikan sampai sekarang Program Studi Perbankan Syari’ah telah meluluskan mahasiswa berjumlah 58 lulusan atau sarjana strata satu dengan nilai IPK rata-rata 3,40. Sejak tahun 2014 Program Studi Perbankan Syari’ah Jurusan Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Muhammad Cepu mendapat nilai akriditasi c dari Badan Akriditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nomor SK: 145/SK/BAN-PT/Akred/V/2014.

Program Studi Perbankan Syari’ah mulai dai berdirinya selalu berorientasi pada ilmu-ilmu perbankan Syari’ah meliputi Bank dan lembaga keuangan syari’ah, Operasional Perbankan Syari’ah, seminar Perbankan Syari’ah, pemasaran Perbankan Syari’ah, pengenalan produk-produk dan implementasinya serta Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Tujuan orientasi ini adalah bertujuan agar lulusan dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berhubungan dengan lembaga keuangan syari’ah dan mampu beraktual secara terus menerus mengembangkan ilmu atau menciptakan lapangan kerja secara mandiri. Untuk mengantisipasi persaingan dengan program studi sejenis Program Studi Perbankan Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Muhammad Cepu melakukan evaluasi kurikulum program studi secara berkala. Pada tahun 2017 telah mulai dilakukan evaluasi terhadap kurikulum program studi Perbankan Syari’ah, dan telah disusun rancangan kurikulum yang merupakan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Sesuai dengan UU N0. A 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Tinggi.

 

Alamat

Jl. Blora No.151, Wonorejo, Cepu, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58312

 

utama